Menikmati Keindahan Sunset Pantai Drini Yogyakarta Bersama Keluarga

Yogyakarta merupakan daerah yang benar-benar istimewa di hati para wisatawan. Kota yang menyimpan keindahan alam dan masyarakatnya yang terkenal ramah membuat semakin nyaman untuk berkunjung ke kota ini. Jogja yang salah satunya terkenal dengan makanan khas-nya yaitu gudeg, juga memiliki pantai-pantai yang indah. Salah satunya di Gunung kidul yang masih masuk wilayah Yogjakarta. Salah satu pantai terbaik dengan Sunsetnya yang dimiliki oleh daerah Gunung Kidul adalah Pantai Drini.

Lokasi
Pantai Drini beralamatkan di Desa Banjarejo Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul Jogja. Dapat ditempuh dengan perjalanan dua sampai tiga jam menggunakan kendaraan bermotor dari Jogja untuk bisa sampai di lokasi ini. Daerah istimewa Jogja sendiri juga sudah memberikan fasilitas transportasi yang mempermudah para wisatawan untuk berkunjung melalui bandara, stasiun, dan terminal. Selain itu para pengunjung juga dapat menggunakan kendaraan pribadi yang akan membuat perjalanan lebih santai dan nyaman sampai Jogja bahkan sampai menuju Pantai Drini. Rute yang digunakan adalah dari Jogja menuju Wonosari lalu ambil jalur Mulo, sesampai di Mulo akan menemukan pertigaan dan bisa mengambil jalur lurus saja ke arah Pantai Baron. Sebelum sampai di Pantai Baron, akan menemui pertigaan lagi lalu ambil jalur kiri menuju Pantai Drini.

Pantai DriniPantai Drini Gunungkidul

wisata Pantai Drini

Pantai Drini yang Spesial
Pulau kecil yang terletak di tengah-tengah Pantai membuat pantai Drini menjadi primadona tersendiri di antara pantai yang lain yang berada di Gunung Kidul. Pantai drini dibagi menjadi dua, sisi timur dapat kita lihat barisan tebing yang berdiri kokoh layaknya benteng pertahanan yang menerjang ombak dipadukan dengan keindahan pulau karang sehingga nampak seperti laguna alami yang cantik. Jika ingin berenang di air yang hangat maka sisi timur ini pas untuk itu, karena batu karang yang menjulang membuat perairan di sisi timur lebih banyak terpapar sinar matahari. Panorama yang lain nampak di sisi barat pantai ini, sejauh mata memandang akan tampak jajaran perahu yang pulang berlayar, karena ombak di sisi barat ini jauh lebih besar sehingga banyak dimanfaatkan para nelayan yang ingin pergi melaut. Sungguh pantai Drini yang memiliki dua sisi yang indah yang berbeda namun tetap selaras dan memukau.

Dibagian tengah dapat ditemukan sebuah pulau kecil yang hijau dengan jalur pasir hitam yang berdampingan dengan pasir putih, sungguh kombinasi yang ideal. Ini lah yang menjadi asal mula nama pantai Drini, karena di pulau itu ditumbuhi oleh tanaman yang bernama santigi (Pemphis Acidula) atau biasa disebut Drini oleh warga lokal, namun tanaman ini sudah jarang dapat kita jumpai. Keindahan pulau dapat kita lihat lebih dekat saat air laut surut, dengan menaiki tangga menuju atas tebing di pulau ini, Anda akan melihat seluruh keindahan pantai dari berbagai sisi.

Sisi timur pantai juga menawarkan untuk melihat lebih dekat biota laut seperti Goby pasir, Jambrong, dan Sergeant Major yang berada di akuarium laut. Dan jika teriknya matahari mulai menyengat, berlindunglah di gazebo yang telah tersedia sembari menikmati segarnya air kelapa muda dari pantai Drini dengan biaya sewa gazebo sebesar Rp 10.000,00. Menginaplah di lokasi ini, karena jangan pernah melewatkan sunrise di pantai drini yang membuat mata kita tidak berkedip sekalipun. Tempat penginapan dan tempat makan yang mengolah aneka kudapan seafood telah tersedia dengan menawarkan budget yang dirasa masih terjangkau oleh kantong wisatawan. Jika ingin mengolah seafood sendiri, juga telah tersedia tempatnya.

Pesan terakhir……tetaplah jaga kebersihan dimana pun Anda berada, karena keindahan itu muncul dari tempat yang selalu terjaga kebersihannya, layaknya Pantai Drini.