Menikmati Obyek Wisata Taman Baluran Yang Indah

Jangan pernah meremehkan lokawisata yang ada di Indonesia. Terbukti dengan adanya Taman Nasional Baluran tepatnya di Pulau jawa ini memiliki tingkat eksotisme yang selevel yang di miliki Afrika. Bagaimana tidak, semua wisatawan pasti akan mengakui bahwa taman nasional Baluran adalah Afrikanya Jawa. Letaknya di Banyuputih, Situbondo, dan Wongsorejo, Banyuwangi.

Taman ini berbatasan dengan selat Bali di sisi timur dan selat madura di sisi utaranya. Taman ini merupakan taman yang diapit oleh gunung Semeru dan gunung Ijen, dimana di tengah-tengah taman ini terdapat gunung berapi yang aktif yatu gunung Baluran. Rute menuju sini cukup melelahkan jadi harus siapkan stamina Anda, karena dari Surabaya Anda dapat mengambil rute lewat jalur pantai utara menuju ke arah timur dengan melewati Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, dan Banyuputih. Sesampainya di Banyuputih langsung menuju ke Desa Bilik dan melanjutkan ke desa Wongsorejo dimana di tengah perjalanan ambil jalur kiri menuju visitor center. Jalan menuju kawasan ini merupakan jalan lintas provinsi yang tentu saja akan membuat perjalanan lancar dan nyaman dengan kondisi jalan yang beraspal.

Taman Nasional Baluran Jawa TimurKondisi taman ini sendiri adalah terhamparnya padang savana yang terluas di Pulau jawa. Kawanan Rusa yang berlarian untuk menuju genangan air, para merak dengan ekor cantiknya, belasan elang terbang tinggi di angkasa dan beberapa monyet yang melompat dari pohon yang satu ke lainnya membuat kita berada di Afrika. Warna hijau dari 444 spesies tumbuhan yang luar biasa menambah keindahan alam ini, Ada tumbuhan luar biasa yang akan tetap tumbuh dan hijau disaat kondisi mulai kering sekalipun yaitu widoro bukol (Ziziphus Rotundifolia), dan Mimba (Azadirachta Indica). Pelengkap yang harus kita nikmati antara lain 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung.

savana Taman Nasional BaluranWisata Alam Taman Nasional Baluran

 

 

 

 

 

Taman Nasional Baluran ini adalah perwakilan dari ekosistem hutan kering di Pulau Jawa dengan temperatur 27,2 derajat Celcius sampai 30,9 derajat Celcius dengan tingkat kelembapan udara 77% dipengaruhi arus angin yang kuat dari tenggara. 40% vegetasi savana mendominasi Taman ini.

Untuk nilai seni foto landscape bisa Anda lakukan di pagi hari pada pukul 04.00-05.00 WIB dengan melihat matahari yang terbit di sela-sela kabut dan pepohonan. Atau di Pantai Bawa juga menyimpan spot sunrise yang tak kalah indahnya dimana terdapat kawasan konservasi dan hutan magrove. Namun tetap siaga dengan barang bawaan, karena banyak monyet yang usil yang akan mengambil barang bawaan Anda. Di pantai Bawa berkeliling menggunakan perahu yang disewakan atau melakukan snorkeling juga menjadi aktivitas yang wajib dilakukan. Trekking di padang savana sepanjang taman nasional Baluran membuat Anda lebih menikmati suasana eksotis yang dimunculkan sekaligus berolahraga ringan.

camping ground Taman Nasional BaluranTips

Ingin melihat secara langsung perkelahian antar rusa, para monyet berburu kepiting dan burung merak yang menari dengan gemulai, maka datanglah di Bulan Maret sampai Agustus. Kegiatan camping juga dapat dilakukan dengan mendirikan tenda yang sudah tersedia camping ground dan fasilitas mandi serta instalasi air yang baik. Untuk masalah konsumsi, sebaiknya Anda membawa makanan sendiri karena tidak ada failitas kuliner di sini. Dan satu hal lagi, selama kita di taman ini sebaiknya jangan pernah mengganggu binatang, merusak fauna, bahkan mengotori keindahan alam ini dengan tangan jahil atau mungkin sampah. Karena keindahan alam itu akan sangat terjaga jika kita yang menciptakan kebersihan itu.