Mengenal Keindahan, Mitos dan Pesona Obyek Wisata Pantai Papuma Jember

Jember merupakan kota yang memiliki pantai eksotis nan indah yang menambah daftar pantai-pantai indah di Jawa timur. Pantai Papuma adalah pantai yang ada di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember yang membutuhkan jarak 45 km dari pusat kota Jember. Dari Jember kita dapat ambil rute ke utara Jl. Kartini – Jl Gatot Subroto – Jl Jendral Ahmad Yani – Jl Nasional III – ambil kiri ke Jl Otto Iskandar Dinata – Jl Semeru – Jl Argopuro – Jl Kawi – Jl Jember Ambulu – Jl Kopral Suetomo – Jl Raya Suyitman – Jl Ambuli – Watulo – dan selanjutnya ikuti petunjuk agar sampai di Pantai Papuma.

Senja di Pantai Papuma JemberKarena jaraknya yang jauh dan memamkan waktu lama, disarankan untuk menginap di penginapan atau cottage dengan pilihan harga Rp 150.000,00 – Rp 450.000,00, dan ada beberapa hotel yang cukup terjangkau tetapi fasilitas lengkap seharga Rp 70.000,00 – Rp 120.000,00. Untuk masalah perut tak usah risau, karena sudah banyak tempat makan yang menawarkan aneka menu seafood yang lezat. Untuk tiket masuk Pantai yang dikelola oleh Surat Keputusan Administratur Perum Perhutani KPH Jember pada hari biasa Rp 5.000,00 dan hari libur Rp 7.000,00. Dan biaya parkir untuk kendaraan motor Rp 2.000,00, roda empat Rp 4.000,00 dan roda lebih dari empat adalah Rp 6.000,00.

Mitos Papuma

Batuan pantai jadi objek menarik di Pantai PapumaMitos atau hal mistis dapat dipercaya atau tidak, kembali ke pribadi orang masing-masing. Tapi jika mitos ini adalah berhubungan dengan keselamatan silahkan untuk lebih menghormati aturan demi terjaganya keselamatan. Kabarnya ombak Papuma ini besar dan ganas menimbulkan banyak wisatawan yang hanyut tertelan ombak yang masuk dalam daftar pantai selatan. Batu raksasa bernama Malikan adalah batu yang dipercaya tempat memancingnya Raden Mursada yang mendapat ikan ajaib saat memancing namun dilepaskan kembali. Di batu ini, ular raksasa yang terbelah menjadi tiga bagian oleh Joko Samudera karena kailnya tersangkut ular itu.

Pesona Papuma

Perahu yang berjajar jadi pemandangan cantik lain di Pantai PapumaMitos yang ada tak merusak sedikitpun pesona Papuma yang sangat takjub setiap mata memandang. Pasir putih yang terhampar, batu karang menyebar di tepi pantai, dan tujuh karang besar menjulang di pantai yang menjadi khas Papuma ini. Tujuh karang memiliki nama masing-masing yaitu Pulau Batara Guru, Pulau Kresna, Pulau Narada, Pulau Kajang, Pulau Nusa Barong, dan Pulau Kodok karena bentuk karang menyerupai kodok. Panorama indah di Papuma sering dimanfaatkan untuk mengabadikan foto landscape yang diambil para pencari keindahan alam melalui kamera. Tak hanya itu pula, suasana pantai Papuma yang romantis dapat menjadi tempat pengambilan prewedding yang tentu hasilnya akan luar biasa. Anda juga dapat mengadakan pesta kecil dengan membakar ikan-ikan hasil tangkapan para nelayan yang dapat kita beli di warung-warung yang tersedia.