Desain Partisi Membuat Ruangan Semakin Menarik

Ruangan rumah yang memiliki luas yang sempit terkadang tidak memungkinkan untuk diberi pembatas menggunakan dinding permanen karena ruangan akan semakin terlihat sempit jika menggunakan dinding permanen sebagai pembatas antar ruangan. Maka, solusi terbaik untuk mengatasi keterbatasan ini yaitu dengan menggunakan partisi sebagai pembatasnya.

Partisi yang sifatnya temporer merupakan salah satu solusi yang dapat dijadikan sebagai pemisah antar ruang yang mudah dipasang, dilepas ataupun digeser kapan saja. Namun, hendaknya cermat dalam menentukan desai partisi yang akan digunakan agar sesuai harapan dan sesuai dengan estetika ruangan yang akan dipasangi dengan partisi. Berikut sedikit tips yang perlu diperhatikan untuk mendesain partisi ruang.

Partisi Ruangan Yang Simpel

Bahan Partisi

Partisi memiliki berbagai bahan seperti halnya dari kayu, kaca, fiber, aluminiu, board ataupun gypsum. Partisi berbahan kayu cocok untuk ruangan yang sederhana serta jika ingin menampilkan kesan alami dan hangat, misalnya partisi berbentuk krepyak kayu ataupun partisi berbahan dari bambu.

Partisi Model Rak

Sedangkan partisi dari kaca cocok untuk ruangan yang sempit karena kaca mampu memberikan kesan luas dan non privat. Partisi kaca juga populer untuk sekat dalam kamar mandi. Baik kaca transparan ataupun kaca buram mampu memberikan kesan lapang dan tampak menarik terlebih didukung dengan pencahayaan yang memadai.

Jika tidak ingin menggunakan partisi kaca bisa menggunakan partisi fiber sebagai penggantinya. Sekilas partisi fiber ini memang mirip kaca tetapi tampilan lebih halus dan mudah dibersihkan.

Bila memilih partisi temporer sebaiknya menggunakan pembatas yang mudah untuk digerakkan ataupun dilipat. Sehingga, partisi mudah dibongkar pasang dan sirkulasi cahaya serta udara pun menjadi lebih baik. Jika partisi dari aluminium, sebaiknya dibagian bawah dipasangi roda agar mudah untuk digeser-geser.

Warna

Pilihlah warna yang solid seperti hitam ataupun cokelat untuk memberi kesan tegas dan jelas sebagai pemisah ruangan. Sementara untuk partisi berwarna netral seperti krem, abu-abu dan putih cenderung cocok dikombinasikan dengan warna ruangan apapun.

Kreasi Partisi

Ada berbagai kreasi yang dibuat dengan partisi ini, semisal partisi yang memiliki model rak. Dengan model seperti ini maka partisi ini akan memiliki fungsi ganda, selain sebagai penyekat antar ruangan juga bisa digunakan sebagai tempat untuk meletakkan hiasan ruangan.

Ada pula partisi yang dapat berfungsi sebagai pintu, namanya partisi pivot. Jenis partisi ini dapat diputar 300 derajat. Tidak hanya sebagai pintu, partisi yang yang berbahan kayu juga bisa dihias dengan susunan tanaman indoor untuk memberi kesan segar dalam ruangan. Sedangkan untuk ruangan yang banyak diisi dengan furnitur sebaiknya menggunakan partisi dari bahan gypsum yang dilapisi dengan wallpaper bermotif sesuai selera.

Kreasi lain adalah partisi kayu yang dapat dilipat dan memiliki desain model frame persegi dipermukaannya. setiap bidang persegi pada partisi dapat dimanfaatkan untuk mendisplay fot0-foto keluarga ataupun foto kenangan.

Untuk ruangan yang sifatnya tidak pribadi, pengguna bisa memanfaatkan sekat partisi berongga. Sehingga ruangan akan semakin terlihat luas dan ruangan satu dengan ruangan yang lain akan terlihat dan sirkulasi udara akan menjadi lebih baik.

Dengan pemilihan partisi yang tepat dan menarik, dekorasi ruangan akan semakin terkesan lebih indah. Terlebih jika partisi yang dipilih tergolong partisi yang multifungsi.