Lokawisata Baturaden Yang Mempesona

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi yang sangat kental dengan budaya jawa yang terkenal dengan tutur bahasa yang halus, unggah-ungguh atau perilaku yang sopan, dan tempat dimana Anda akan menemukan berbagai macam makanan khas yang membuat Anda ingin mencicipinya. Selain itu, banyak kota di Jawa Tengah yang mempunyai keunggulan tersendiri dalam bidang pariwisata, baik pariwisata yang berbau dengan sejarah maupun wisata alam dengan keindahan alam yang sangat mempesona. Salah satunya adalah Purwokerto, kota administratif di Jawa Tengah yang memiliki sejuta pesona alam wisata yang pasti akan membuat Anda ingin kembali menjelajahi kawasan ini, salah satu yang cukup terkenal adalah wisata Baturaden. Baturaden ini mempunyai sejarah nama yang dibilang unik, dimana arti kata Batur berarti pelayan laki-laki dan Raden yang berarti seorang wanita bangsawan.

Baturadenwisata air terjun baturaden

Lokasi

Kawasan Baturaden merupakan daerah yang berada di sebelah selatan lereng Gunung Slamet dengan ketinggian kurang lebih 640 mdpl, 6 km dari puncak Gunung Slamet, dan 14 km dari utara Kota Purwokerto, serta masih masuk ke dalam wilayah Kabupaten Banyumas yang terkenal dengan tempe mendoannya. Pemerintah Kabupaten Banyumas sudah menyediakan angkutan transportasi umum yang dapat mempermudah para wisatawan untuk langsung singgah di Baturaden. Tetapi tak ada salahnya jika membawa kendaraan pribadi agar Anda serombongan dapat pergi menjelajahi wisata alam ini dengan nyaman. Disarankan agar tetap menjaga keselamatan dan keamanan Anda, dikarenakan jalan yang ditempuh dari Purwokerto menuju Baturaden adalah jalan yang menanjak dengan tingkat kemiringan sekitar 30 derajat.

Wisata Alam

Selama perjalanan menuju lokasi, setelah memasuki Pabuaran Anda akan merasakan hawa dan udara yang sangat menyejukkan, sebaiknya matikan AC kendaraan dan membuka jendela kendaraan untuk menikmati kesegaran udara yang masih alami. Sesampainya di lokasi, Anda tidak boleh melewatkan beberapa wisata alam yang menyimpan sejuta pesona, antara lain:

  1. Teater Alam Baturaden

Teater mini ini merupakan bioskop yang dibangun dengan design pesawat jenis foxer 28 miliki Garuda Indonesia. Bioskop pesawat ini tidak menayangkan film box office apalagi drama korea, namun menayangkan film-film yang akan menambah edukasi untuk para wisatawan tentang  alam dan budaya tanah air selama 10-15 menit dan Rp 5.000,00 untuk merasakan sensai naik pesawat sembari menonton film.

teater alam baturaden

  1. Bumi Perkemahan

Salah satu daerah di kawasan Baturaden pernah dijadikan sebagai lahan tempat kegiatan tingkat nasional yaitu kegiatan Jambore Nasional Gerakan Pramuka pada tahun 2001. Untuk Anda yang bosan menginap di hotel, maka tidak ada salahnya untuk mendirikan tenda dan berkemah di kawasan ini yang membuat anda bisa berinteraksi langsung dengan alam dan menghirup udaranya yang masih segar.

bumi perkemahan baturaden

  1. Kaloka Widya Mandala

Baturaden juga menambahkan kebun binatang kecil sebagai pelengkap obyek wisata di sini. Kawasan ini diresmikan pada tanggal 17 mei 1995 oleh H. Djoko Sudantoko selaku Bupati Kepala Daerah Tingkat II. Berbagai spesies dari dalam negeri maupun luar negeri terawat dengan baik di sini. Spesies apa saja yang ada? Maka cari tahulah sendiri dengan mengunjunginya.

Kaloka Widya Mandala

  1. Pancuran Telu dan Pancuran Pitu Baturaden

Pancuran pitu maupun telu adalah pemandiaan air panas yang mengandung belerang yang dipercaya membantu menyembuhkan berbagai penyakit dengan suhu airnya sendiri berkisar 60-70 derajat celcius. Pijat sulfur menjadi alternatif pilihan yang wajib dicoba, karena Anda akan merasa rileks dengan kandungan sulfur yang membantu menyembuhkan penyakit kulit dan mampu membuat badan yang lelah selama perjalanan menghilang.

Pancuran 7 BaturadenPancuran 3 Baturaden

  1. Telaga Sunyi

Dari namanya memang telaga ini adalah kawasan yang memiliki telaga yang cantik dan suasana yang sunyi membuat Anda merasa nyaman dan tenang. Air telaga yang jernih dan menyegarkan membuat Anda ingin berenang atau sekedar mandi, namun pihak pengelola melarang para pengunjung untuk berenang atau mandi demi menjaga keselamatan diri.

Telaga Sunyi Baturaden